Sunday, December 23, 2012

2. Rendezvous (Bittersweet Love)

      Seminggu telah berlalu dengan cepat. dan hari ini adalah hari pertama Cherie masuk ke sekolah barunya. ia membuka matanya perlahan. Dengan niat yang hanya 5% plus rasa kantuk yang tak tertahankan, Cherie bersiap-siap berangkat ke sekolah barunya.

      Satu setengah jam kemudian, Cherie sudah duduk di sadel dan sibuk mengayuh Sieben, si sepeda kesayangannya. walaupun sebenernya bete karena harus pisah sekolah sama Rama, tapi Cherie berusaha untuk tetap merasa baik-baik saja. yang penting kan dia setia dan sayang sama Rama, walau berbeda sekolah, mereka kan masih tetap bisa bertemu dan berkomunikasi. teknologi udah canggih gitu loh.

      Cherie kemudian sibuk menyenandungkan lagu-lagu favoritnya. baru saja nyanyi sampai setengah lagu, tiba-tiba sepeda Cherie di tabrak dari belakang sama sepeda orang lain. alhasil, Cherie dan sepedanya kehilangan keseimbangan dan jatuh nyeruduk aspal.




      "A-aduh....", rintih Cherie sambil memegangi kedua lututnya yang sakit. tiba-tiba, seorang laki-laki berseragam SMA yang sama seperti Cherie kemudian duduk berjongkok di depannya.
      "Ada yang sakit gak?", tanyanya dengan nada super datar.
      "Pertanyaan macam apa itu. udah tau gue jatoh, ya jelas aja lah ada yang sakit. bego banget sih ini orang. eh, tapi mukanya lumayan oke juga sih. hm.....", batin Cherie dalam hati. rasa kesal dan takjub menyelimuti hati Cherie saat itu. ia kesal karena di seruduk dari belakang sampai jatuh dan ditanya pertanyaan bodoh, tapi ia juga takjub karena kejadian ini mirip kayak di FTV remaja yang sering ia tonton.
      "Heh, jawab kek. ada yang sakit gak?", kata laki-laki itu lagi. kali ini dengan nada yang sedikit lebih keras dan nyolot.
      "Santai dong. emang lo gak pernah tau ya kalo orang jatuh itu jelas dan pasti bakal ada yang namanya rasa sakit?", ujar Cherie yang berusaha sedikit nyelekit.
      "Gue tau, makanya itu gue nanya sama lo sakitnya dimana"
      "Kalo boleh ralat bentar, lo tadi nanya nya 'ada yang sakit atau ga' bukan 'sakitnya dimana'"
      "Berisik banget sih lo. lagian juga semuanya salah lo, ngapain coba lo naik sepeda dan jalan terlalu kepinggir? risih, nutupin jalan"
      Cherie kemudian mengernyitkan dahinya. "Yeh, udah nabrak orang seenak jidat, sekarang malah nyalah-nyalahin gue. dimana-mana juga orang kalo naik sepeda itu jalannya dipinggir, masa iya mau ditengah-tengah? cakep-cakep sih bego", pikir Cherie lagi.
      "Heh, mesti berapa kali sih gue nanya sama lo? ada yang sakit gak?", tanya laki-laki itu. Cherie hanya diam dan menunjuk ke bagian bawah lututnya yang sejak tadi nyut-nyutan. laki-laki itu melihat ke arah yang ditunjuk Cherie, lalu ia tertawa.
      "Yang kayak begini lo bilang luka? idih. ini tuh cuma lecet. 2-3 hari juga udah ilang dan ketutup. ckckck, kesian amat sih, udah SMA, tapi gak bisa bedain antara luka sama lecet. gue sih malu", ejek laki-laki itu dengan senyum penuh kemenangan yang begitu menyebalkan bagi Cherie.

      Cherie, yang geram dan kesal karena perkataan laki-laki itu kemudian langsung berdiri. ia sudah tidak peduli lagi sakit atau lecet di lututnya. yang ia tahu, ia ingin secepatnya menghabisi laki-laki bermuka menyebalkan yang gak tau sopan santun itu.
      "Heh, kalo lo gak ikhlas mau bantu orang, gak usah bantu dan sok perhatian! udah ngejatohin orang, gak minta maaf, ngejek pula! mau lo apa sih?!", teriak Cherie kesal.

      Laki-laki itu melihat ke arah Cherie dengan tatapan yang diartikan Cherie sebagai 'gue gak suka dibentak cewek kayak lo'. tapi Cherie cuek saja melihat tatapan laki-laki itu. ia malah justru jadi semakin berapi-api.
      "Apa lo liatin gue kayak gitu, hah?"
      "Ya ampun, dari pertama liat lo aja gue udah tau kalo gue gak bisa suka sama orang kayak lo".
      "Idih. gue juga gak minta buat disukain sama lo kali"
      "Oh, yaudah kalau lo bilang begitu", kata laki-laki itu yang kemudian naik sepeda dan pergi meninggalkan Cherie tanpa bicara apa-apa.
      "Heh! mau kemana lo? sini dulu woy, tanggung jawab sama kaki gue!!", kata Cherie dengan suara lantang.
      Sementara itu, orang yang diteriaki oleh Cherie hanya melambai-lambaikan tangan. "Semoga sukses ya sama kaki lo, cewek brutal", teriak laki-laki itu tanpa sekalipun menengok ke arah Cherie. ia pergi begitu saja, meninggalkan Cherie yang gondok setengah mati dengan luka yang cukup besar dan perih.

***

      Cherie mengetuk pintu ruang kelas XI ALAM 2. ini baru hari pertama di sekolah barunya, dan ia sudah terlambat masuk kelas. 
      "Sial. kalo gak gara-gara si cowok yang gak gue kenal tadi, gue pasti gak bakalan terlambat. dia pasti gak tau tuh rasanya ngedorong sepeda dengan kaki sakit dan luka gitu", batin Cherie kesal.
      Pintu kelas yang tadi diketuk Cherie akhirnya terbuka. kini dihadapannya, berdirilah seorang bapak-bapak berseragam guru dengan wajah yang sangarnya bukan main. udah gitu alis, kumis, dan bulu di tangannya tebal sekali. Cherie saja sampai nunduk saking takutnya.
      "Ini orang siapa sih? ebuset, itu orang apa monyet? satu badan isinya bulu semua. ckckck...."
      "Kamu siapa?", tanya si bapak sangar itu.
      "Sa-saya Cherie, murid baru, Pak", jawab Cherie, masih dengan posisi kepala nunduk.
      "Oh kamu ya anak barunya? ckckck, anak baru aja datangnya sudah telat. kamu tau gak kalo semua sekolah di Jakarta masuknya jam 6.30?!"
      "I-iya Pak...tadi ada halangan dulu Pak pas saya jalan kesini. maaf ya, saya janji gak bakal ngulangin lagi"
      "Ya sudah, bapak bisa maklum. nah sekarang, ayo masuk"
      
      Guru tadi melangkah masuk dan berdiri di depan kelas. "Anak-anak, hari ini kalian dapat teman baru. Hei, ayo sini masuk!", kata si bapak sangar tadi sambil mengibas-ibas tangannya, menyuruh Cherie masuk.
      "Ayo perkenalkan dirimu di depan kelas!"
      "Hah? engga usah, Pak! saya langsung duduk saja", kata Cherie yang malu sekaligus malas jadi pusat perhatian.
      "Cepat perkenalkan dirimu. kalau tidak......", si bapak sangar mulai mengepalkan tangannya.
      "I-iya pak iya! saya perkenalkan diri pak!", ujar Cherie ketakutan. ia kemudian maju sedikit dan mulai memperkenalkan diri. 
      "Ng...nama saya Cherie. saya pindahan dari sekolah A. mohon bimbingannya ya"

      Setelah Cherie memperkenalkan diri, tiba-tiba suasana dikelas itu mendadak sepi, hening, dan sangaaat sunyi. Cherie langsung ngerasa gak enak. apa perkenalan dirinya tadi berlebihan ya? 
      "Oh, namamu Cherie? saya Pak Ishak, wali kelas kamu disini", kata si bapak sangar. entah kenapa, rasanya nama bapak sangar terdengar jauh lebih cocok dan pas untuk guru ini. entah kenapa.
      "Pak, saya mau tanya!", seorang laki-laki tiba-tiba mengacungkan tangannya. 
      "Bagus sekali Ali. silakan bertanya"
      "Neng Cherie udah punya pacar belom?", kata laki-laki bernama Ali tadi.
       Mendengar pertanyaan dari Ali, semua anak dikelas kemudian besorak dan tertawa kegirangan. 
      "Neng geulis, mau gak jadi pacar abang Rendra yang paling asoy?", kali ini anak laki-laki lain mengacungkan jarinya. 
      "EAAA~", anak-anak satu kelas sibuk teriak-teriakan.
      Tok Tok Tok Tok!!! si bapak sangar mengetuk papan tulis dengan sebuah penggaris kayu.
      "Ali! Rendra! jangan tanya yang begitu dong!", protes bapak sangar. "Nah Cherie, sekarang kamu duduk di bangku sana ya!", ujarnya sambil menunjuk ke bangku di samping jendela
      Cherie patuh dan langsung duduk disana tanpa mengetahui siapa orang yang duduk di belakangnya. 
      "Duh duh..sombong bener sih. padahal tadi kita sempet ketemu loh walaupun sebentar", kata seseorang di belakang Cherie. dari suaranya sih, Cherie yakin banget kalau orang itu laki-laki. ia kemudian menengokkan kepalanya kebelakang dan mendapati sosok laki-laki menyebalkan yang tadi ia temui kurang dari 24 jam.
      "Hah? lo...."
      "Hai, cewek brutal", kata laki-laki itu dengan senyum licik yang penuh kemenangan. 

***
      Nama laki-laki menyebalkan tadi ternyata Dimas. Dimas Aryoko. Cherie mengetahui hal itu saat si pak sangar (Pak Ishak), sedang mengabsen seluruh siswa di kelas XI ALAM 2. menurut perkataan Ristra dan Desi (dua teman baru Cherie disekolah yang hobi banget gosip), si Dimas termasuk ke dalam jajaran anak-anak pintar, tampan, dan keren. sayangnya, dia agak dingin dan anti sosial. apalagi sama cewek-cewek. katanya sih banyak banget cewek yang naksir dia (bahkan sampai nembak), tapi ditolak mentah-mentah gitu aja. 
      "Pokoknya, si Dimas itu dinginnya ngalahin es-es di antartika sana!", kata Ristra saat sedang menaruh baju olahraga di loker kelas. 
      "Gue setuju banget tuh sama si Ristra. bahkan Cher, saking anti sosialnya dia, gak ada satu orang pun murid disini yang tahu kehidupan dan masalah dia diluar sana. dia gak mau curhat ke siapa-siapa. misterius banget gak sih? ckckckck"
      Cherie tidak begitu merasa kaget saat tahu kalau ternyata si Dimas bertabiat begitu. "Kesan pertama gue kepada siapapun ternyata memang selalu benar", bangga Cherie dalam hati. 
      "Eh Cher, ngomong-ngomong lo kenapa nanyain soal Dimas? lo naksir ya? cinta pada pandangan pertama gitu?", tanya Desi dengan tampang jenaka. 
      "Hah? ya engga lah! ngaco aja gue suka sama dia. langit bisa-bisa terbelah dua!"
      "Bel udah bunyi tuh Cher. yuk masuk kelas! itu barang-barang lo semuanya masukin dulu ke loker", kata Ristra kepada Cherie. Cherie patuh lalu memasukkan tempat pensil, buku, dompet koin, dan kunci kamar kosnya ke dalam loker dan pergi mengikuti Ristra dan Desi. 

***

      Cherie menaiki anak tangga kos-kosannya. ia merasa begitu lelah mendorong sepedanya dari sekolah ke rumah. rasa sakit di kakinya juga semakin mengganggu. rasanya Cherie ingin cepat-cepat istirahat dan tidur-tiduran diatas kasur kamarnya yang empuk sambil menonton FTV remaja kesukaannya. 
      Cherie merogoh kantung depan tasnya. ia mencari kunci kamar 202, kunci kamar kos-kosannya. ia terus merogoh, tapi tidak ada satupun barang berbentuk kunci bersemayam disana. Cherie panik dan terus mengingat dimana ia menyimpan kunci.
      "Astaga. kunci gue ada di loker kelas! aaaah sial! bego banget sih gueeeeee!!", kata Cherie panik. ia kemudian terduduk lemas di depan pintu kamarnya. "Ah gila. gue kira gue bisa cepet-cepet tidur di kasur kamar gue yang empuk banget itu.....", gumam Cherie sambil menutup mata dan pasrah akan kenyataan. 

***

      Dimas melihat jam di pergelangan tangannya. pukul 16.25. hari ini ia terlambat pulang karena harus ngambil cucian di laundry dekat sekolah. ia ingin cepat-cepat istirahat di tempat tidur kamarnya sambil meminum sekaleng kopi favoritnya. 
      Dimas berjalan di koridor lantai 2 kos-kosannya sambil memainkan kunci kamar nomor 203. tiba-tiba langkah Dimas terhenti di depan kamar nomor 201. ia melihat seorang anak perempuan yang berseragam sama denganya sedang duduk bersila di depan pintu kamar nomor 202 dengan wajah lelah dan frustasi setengah mati. Dimas merasa begitu familiar dengan wajah perempuan itu. dan benar saja, setelah Dimas berjalan mendekat, ternyata perempuan itu adalah Cherie, korban serudukannya tadi pagi. 
      "Cher? ngapain lo duduk di situ?", tanya Dimas kepada Cherie.
      Cherie terlihat agak kaget melihat sosok Dimas di hadapannya. tapi ia tetap berusaha terlihat santai, walaupun rasanya pengin nangis sekenceng-kencengnya.
      "Bukan urusan lo kali", kata Cherie galak.
      "Apaansih. ditanya jawabnya malah begitu. gue kan nanya baik-baik", kata Dimas.
      "Kunci kamar gue ketinggalan di loker sekolah"
      Dimas menatap Cherie tidak percaya. ia langsung nahan ketawa begitu dengar alasan kenapa Cherie ngedeprok. alasan Cherie menurut Dimas begitu irrasional dan bodoh sekali.
      "Apa sih? jangan ketawa dong!", protes Cherie lebih galak lagi.
      "Lagian lo bego banget, naruh kunci di loker sekolah. kenapa lo gak ambil lagi aja sih? susah amat deh"
      Mendengar pertanyaan Dimas barusan, Cherie langsung cemberut dan masang tampang judes. "Kalo gue tadi pagi gue gak di tabrak dan kaki gue gak luka, gue bisa naik sepeda lagi ke sekolah buat ngambil kunci. lo kira gak capek apa bolak-balik dari sini ke sekolah pake sepeda dengan kaki luka?", jawab Cherie nyelekit.
      "Ck, lebay banget sih. lecet kayak begitu aja dipermasalahin banget". Dimas melewati Cherie dan berjalan ke kamarnya, kamar 203. Cherie yang melihat hal itu langsung kaget.
      "Lo tinggal di situ?", tanya Cherie seakan tidak percaya.
      "Iya lah. lo di sini juga? kamar berapa?"
      "Gue disini lah", kata Cherie sambil menunjuk kamar 202. 
      "Hah? kita tetanggaan? jadi orang yang minggu kemarin berisik banget teriak-teriak itu elo?", kata Dimas yang sama shocknya kayak Cherie. 
      Cherie cuma mengangguk lemas. kepalanya sakit, lututnya nyeri, badannya letih, dan ditambah dengan kenyataan kalau ia harus tetanggaan sama orang senyebelin Dimas. 
       Dimas yang tadinya langsung mau ngacir masuk ke kamar kemudian langsung ngerasa gak tega begitu melihat kondisi Cherie. yang bikin kakinya Cherie sakit (walau menurut Dimas cuma berbentuk lecet) kan Dimas. mau gak mau, Dimas harus membantu Cherie.
      "Lo tunggu disini", kata Dimas yang lalu masuk ke dalam kamar apartemennya. Cherie cuma geleng-geleng kepala, bingung sama kelakuan Dimas. "Mau pergi juga susah, Dim....", gumam Cherie.
       Sekitar 3 menit kemduian, Dimas keluar dari kamarnya. ia senang mengetahui Cherie tidak pergi kemana-mana sesuai dengan apa yang ia perintahkan. 
      "Gue udah telepon pemilik kos-kosan ini. katanya nanti anak buahnya yang megang kunci cadangan bakal datang. tapi yah, mungkin datangnya sekitar 30 menit lagi", kata Dimas.
      Cherie menatap Dimas tidak percaya. "Kok lo bisa telepon pemiliknya?"
      "Yang punya kos-kosan ini paman dari ibu gue. kalau ponakan kesayangannya yang minta, dia pasti turun tangan kok", ujar Dimas. "Nah Cher, ayo sini masuk".
      "Hah? masuk ke mana?", tanya Cherie kebingungan. 
      "Ke sini", ujar Dimas sambil menunjuk ke pintu kamarnya. "ayo masuk".
      "Heh? ngapain? engga ah!", tolak Cherie mentah-mentah. 
      "Lo mau nunggu di lantai dingin kayak gini, atau masuk ke kamar gue dan duduk di sofa yang empuk?"
      "Gue mau disini aja", jawab Cherie tegas
      Dimas menggelengkan kepalanya. "lo dikasih enak malah gak mau. ayo sini masuk!"
      Sementara Dimas memaksa, Cherie tetep kekeuh dan gak mau bangkit dari duduknya. karena kesal, akhirnya Dimas menarik tangan Cherie masuk dan menyuruhnya duduk di sofa kamarnya. 
      "Heh! lo tuh mau ngapain sih nyuruh gue masuk sini? mau macem-macemin gue ya? inget nih, walaupun orangtua gue jauh, tapi gue punya pacar di Jakarta! jadi sekali lo jahatin gue, gue bisa nyuruh pacar gue buat 'matiin' lo!", bentak Cherie dengan suara yang super lantang. 
      "Duh, berisik banget sih lo. siapa juga sih yang mau macam-macamin lo. gue sih ogah banget", ujar Dimas yang menenteng kotak P3K serta jus kaleng dari dapurnya.
      "Mana sini kaki lo", kata Dimas yang kemudian duduk di sebelah Cherie. 
      "Tuhkan! lo mau ngapain kaki gue!! mau megang-megang ya?!", tanya Cherie curiga.
      "Lo tuh kenapa kepedean banget sih! gue cuma mau ngobatin luka di kaki lo!"
      Cherie melongo kebingungan. "Ha?"
      "Apa lo ha he ha he ho?! anggap aja ini tuh permintaan maaf gue gara-gara nabrak lo tadi pagi, mana sini kaki lo", ujar Dimas yang mulai sibuk menggunting-gunting perban.
      Cherie terdiam dan tetap menatap Dimas dengan tatapan curiga. "Di dunia ini, gak ada cowok yang bener. apalagi kalo ngajak cewek ke kamar kos-kosannya. ini pasti cuma modus semata. hmm....gue harus gimana nih?"
      "Kenapa lo diem aja gitu?", tanya Dimas dengan tatapan heran. "Tadi lo berisik banget, sekarang kok malah diem?"
      "Emangnya lo pikir gue diem tanpa alasan? gue ini lagi mikir keras kenapa lo gunting-guntingin perban. kata lo luka gue ini cuma lecet. gak usah pake perban kan bisa. toh cuma lecet kan?"
      Dimas menghentikan pekerjaannya dan melihat Cherie dengan tatapan 'gue gak pernah ketemu orang sebego lo selama ini'. "Lo gak pernah belajar penjasorkes? yang namanya luka, kalo gak diobatin, bisa infeksi". Dimas juga sebenarnya bingung kenapa Cherie gak ngobatin lukanya yang udah jadi semakin parah sejak dilihat Dimas tadi pagi. tapi Dimas diam saja, males bilang macam-macam demi gak mendengar teriakan panik Cherie.
      Sementara itu, Cherie mengangguk mengerti. dalam hati ia sebenarnya merasa tidak enak dan malu karena kakinya di sentuh oleh laki-laki yang ia kenal kurang dari 24 jam. ia merasa ia sudah berkhianat dan tidak setia pada Rama, sang pacar kesayangannya. "Duh maafkan aku ya, Ram...."
   
      "Tadi lo bilang orang tua lo jauh kan? emang mereka ada dimana?", tanya Dimas tiba-tiba, memecah keheningan dan kecanggungan yang menyusup di tengah sesi pengobatan kaki lecet tersebut.
      "Ah yaa, mereka di Yogya, ada dinas kantor disana. sebenernya sih gue diajak pas mau pindah, tapi gue nolak".
      "Kenapa lo nolak?"
      "Ya habis, gue kan punya pacar disini. gue gak mau LDR-an. bisa-bisa dia kecantol kan, sama cewek lain? gue gak mau itu sampai terjadi", ujar Cherie berapi-api.
      Dimas lagi-lagi menghentikan pekerjaannya dan melihat Cherie. ia tidak habis pikir dengan alasan yang baru ia dengar dari mulut gadis itu. gimana kalau misalnya mereka putus? gimana kalo ternyata walaupun Cherie tetap tinggal di Jakarta, pacarnya bisa kecantol sama cewek lain? kenapa perempuan cuma mikirin hati dan gak pake otak sih? apa mereka gak takut sakit hati? atau jangan-jangan semua cewek itu sebego Cherie?
      "Sumpah, alasan lo bego banget menurut gue", ejek Dimas sambil menggelengkan kepalanya.
      "Gapapa dong, sekali-kali percaya sama kekuatan cinta. mumpung masih muda", kata Cherie sambil cengar-cengir. "Eh, lo disini sendirian ya? kayaknya dari tadi gue gak liat ada tanda-tanda kehidupan orang lain disini. lo gak tinggal sama kakak lo gitu?"
      "Iya. gue tinggal sendiri"
      "Kenapa? apa alasannya?"
      "Gak ada alasan khusus. gue cuma mau belajar mandiri dan gak ngerepotin orang lain", jawab Dimas secara singkat, padat, dan jelas.
      "Mana mungkin. pasti lo pindah dan tinggal di apartemen karena alasan yang lebih jelas dan lebih spesifik, kan?", kata Cherie sambil meneguk jus kalengnya. "Mungkin alasan lo pindah kesini karena, hm....cinta?"
      "Apa?", tanya Dimas kaget.
      "Iyakan? lo pindah kesini karena cinta kan? mungkin lo patah hati, lalu pindah kesini. mengurung diri sendirian dan menunggu hati lo pulih kembali. iyakan?"
       Cherie bisa merasakan air muka Dimas yang lambat laun berubah. ia hanya diam, dan wajahnya mendadak berubah agak dingin. Cherie ketakutan sendiri melihatnya. "Apa kata-kata gue barusan salah ya?"
       "Heh, itu bukan urusan lo. lagian kenapa lo kepo banget urusan orang sih? sudah brutal, pengin banget tau urusan orang lagi. heran gue kenapa bisa ada yang mau jadi pacar lo"
     
        Hampir saja Cherie menampar wajah menyebalkan Dimas saat tiba-tiba pintu kamar Dimas diketuk dari luar.
       "Tukang kuncinya udah dateng tuh. sana lo ambil semua barang-barang lo, terus cepet-cepet pergi dari kamar gue", kata Dimas yang sedang berdiri di depan pintu. mau tidak mau, Cherie bangkit dari sofa dan berjalan dengan tertatih. "Makasih ya Dim", ujar Cherie malas-malasan sambil memutar kenop pintu kamarnya.
       "Terima kasih atas apa nih?"
       "Atas luka di kaki, perban, jus kaleng, dan kata-kata ketus lo ke gue". Cherie kemudian memberi Dimas senyum mengejek, lalu masuk dan menutup pintu kamarnya rapat-rapat.
       

No comments:

Post a Comment